Breaking News
Loading...
Sabtu, 09 Juli 2016

Tips Mengatasi Gampang Capek, Letih & Tidak Bersemangat

01.44
Ketika tubuh gampang capek, letih, lesu tentu menciptakan kita tidak bersemangat untuk melaksanakan sesuatu begitupun sebaliknya saat kita tidak bersemangat melaksanakan suatu hal maka tubuh kita gampang capek dan letih. Keletihan dan kelelahan sanggup disebabkan oleh banyak faktor menyerupai faktor rutinitas kegiatan ataupun lantaran problem kesehatan.

Kelelahan ialah keluhan umum yang terjadi terutama sehabis memasuki usia pertengahan. Tapi bagaimana kalau Anda merasa gampang letih, lelah, dan tidak bersemangat padahal anda dalam kondisi bugar dan tidak melaksanakan kegiatan yang melelahkan?

 lesu tentu menciptakan kita tidak bersemangat untuk melaksanakan sesuatu begitupun sebaliknya ke Tips Mengatasi Praktis Capek, Letih & Tidak Bersemangat

Berikut ialah beberapa tips dan cara sederhana untuk meningkatkan energi, sehingga anda akan lebih bersemngat dan mencegah cepat letih dan lelah.

Meningkatkan Energi & Mencegah Praktis Lelah

Cek kesehatan anda
Praktis lelah letih dan tidak bersemngat sanggup disebabkan oleh problem kesehatan. Kelelahan ialah tanda-tanda umum dari banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, arthritis, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea atau tanda-tanda gangguan tidur. Bicarakan dengan dokter Anda dan cek kesehatan, kalau Anda merasa gampang letih atau lelah lantaran mungkin hal itu disebabkan oleh problem kesehatan tubuh anda. Badan letih, lelah gampang capek sanggup disebabkan juga lantaran masa penyembuhan juga lantaran konsumsi obat obatan tertentu. Banyak obat sanggup mengakibatkan kelelahan. Beberapa obatan menyerupai obat tekanan darah, antihistamin, diuretik, dan obat-obatan tertentu lainnya sanggup mengakibatkan tubuh gampang letih atau lelah.

Latihan fisik atau olahraga
Berolahraga memang menciptakan anda mencicipi lelah, itu dikarenakan tidak dilakukan secara rutin atau teratur. Namun kalau anda berolahraga secara rutin dan teratur hal itu justru akan meningkatkan energi anda yang berarti akan mencegah gampang lelah dan letih. Banyak studi memperlihatkan bahwa acara fisik meningkatkan tingkat energi. "Berolahraga secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan kekuatan dan kualitas hidup secara keseluruhan," kata Kerry J. Stewart, profesor kedokteran dan eksekutif klinis dan penelitian fisiologi olahraga di Johns Hopkins University School of Medicine.

"Orang-orang yang aktif secara fisik mempunyai rasa yang lebih besar kepercayaan diri dan bersemangat. Berolahraga secara teratur juga meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan masa otot, "kata Stewart. "Itu setara dengan meningkatkan efisiensi materi bakar mobil. Ini memberi Anda lebih banyak energi untuk segala macam aktivitas. " Kaprikornus pastikan untuk berolahraga secara teratur minimal 30 menit tiap hari.

Teknik relaksasi
Banyak penelitian memperlihatkan bahwa bebarapa latihan relaksasi sanggup meningkatkan energi dan menciptakan anda lebih bersemangat. Beberapa latihan relaksasi menyerupai tai-chi, yoga, meditasi sangat efektif untuk meningkatkan energi. Dalam sebuah penelitian di Inggris melaporkan peningkatan pikiran yang lebih tahan terhadap stres, peningkatan energi, dan kepercayaan diri sehabis enam ahad mengikuti kelas yoga sekali dalam minggu, relawan. Peneliti dari University of Oregon melaksanakan penelitian terhadap 135 laki-laki dan perempuan usia 65 hingga 85 untuk melaksanakan yoga. Pada final enam bulan, penerima melaporkan peningkatan rasa kepercayaan diri, semangat dan dorongan energi secara keseluruhan.

Konsumsi air putih
Dehidrasi terbukti mengganggu kinerja tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh terbukti menciptakan seseorang gampang letih, lelah, lesu, tidakfokus dan tidak bersemangat. "Penelitian kami memperlihatkan bahwa kehilangan cairan tubuh menciptakan lebih sulit bagi para atlet untuk menuntaskan latihan angkat berat," kata Dan Judelson, PhD, ajudan profesor kinesiology di California State University di Fullerton. "Ini masuk nalar untuk berpikir bahwa kehilangan cairan tubuh mengakibatkan kelelahan bahkan untuk orang-orang yang tidak mempunyai kegiatan berat." Dehidrasi juga telah terbukti menurunkan kefokusan dan konsentrasi.

Bagaimana mengetahui anda kehilangan cairan tubuh dan kekurangan cairan tubuh? "Urine harus jernih atau berwarna kuning pucat," kata Judelson. "Jika lebih gelap dari itu, Anda perlu minum air." Banyak para pakar medis menyarankan untuk mencegah kehilangan cairan tubuh setidaknya seseorang harus minum air puith 8-9 gelas atau setara dengan 1,5 L air per hari.

Dapatkan cukup istirahat atau tidur lebih awal.
Kurang tidur meningkatkan risiko gampang letih, lesu, tidak bersemangat dan merupakan salah satu penyebab utama kelelahan siang hari. Solusinya: Dapatkan untuk tidur cukup awal untuk mendapat kualitas tidur malam hari yang baik. Sebuah studi yang dilakukan oleh Stanford University 2004 memperlihatkan bahwa seseorang yang mendapat cukup tidur dan berkualitas mereka lebih bersemangat dan tidak cepat mengalami kelelahan. kebiasaan tidur yang baik juga mempunyai manfaat kesehatan yang penting.

Banyak konsumsi asam lemak baik
Nah kalau anda sudah teratur berlahraga, sudha mengonsumsi banyak air putih, mendapat kualitas tidur yang baik tapi anda masih letih, lelah dan tidak bersemangat mungkin kebutuhan nutrisi tertentu belum anda dapatkan. Nutrisi yang baik untuk mencegah gampang kelelahan dan keletihan ialah asam lemak baik atau asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 baik untuk jantung Anda, omega-3 juga sanggup meningkatkan konsentrasi dan kefokusan. Menurut sebuah studi 2009 oleh para ilmuwan di University of Siena Italia, relawan yang mengambil kapsul minyak ikan selama 21 hari memperlihatkan waktu reaksi mental yang lebih cepat. Mereka juga melaporkan merasa lebih berpengaruh dan bersemangat.

Penurunan berat badan
Berat tubuh yang terlalu terang menjadikan gampang letih dan lelah. Berat tubuh ideal sanggup menawarkan dorongan energi yang kuat, kata Stewart, dari Johns Hopkins University. Bahkan pengurangan kecil dalam lemak tubuh meningkatkan mood, semangat, dan kualitas hidup. Kebanyakan mahir penurunan berat tubuh merekomendasikan menjaga porsi makan yang lebih sedikit namun lebih bernutrisi, makan masakan seimbang, dan meningkatkan acara fisik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer