Breaking News
Loading...
Senin, 04 Juli 2016

Mengatasi Lelah, Letih & Kehilangan Konsentrasi Ketika Berkendara

16.43
Sering berkendara jarak jauh, baik untuk bekerja, liburan, pulang kampung atau acara apapun yang memerlukan untuk berkendara perlu memperhatikan keselematan dan kenyamanan berkendara. Karena dikala berkendara keselamatan anda, penumpang dan pengendara lain dipertaruhkan jikalau anda tidak berhati hati. Selama ini sebagian besar orang menilai kelelahan di dikala mengemudi tak terlalu ancaman dibanding mabuk atau mengantuk. Padahal, anggapan menyerupai itu tidak tepat. Banyak penelitian menyebut bahwa tragedi kecelakaan yang terjadi selama ini menandakan bahwa kelelahan yang memicu rasa kantuk telah menjadi penyebab 37 persen dari total 100 tragedi kecelakaan.

 pulang kampung atau acara apapun yang memerlukan untuk berkendara perlu memperhatikan  Mengatasi Lelah, Letih & Kehilangan Konsentrasi Saat Berkendara

Saat tubuh lelah, letih maka akan mengakibatkan rasa kantuk dan kehilangan konsentrasi berkendara alasannya saraf sensorik dan motorik lemah sehingga refleks seseorang juga melemah. Lalu bagaimana cara mengatasi bila rasa kelelahan, keletihan mendera sehingga mengakibatkan kurangnya konsentrasi Anda di tengah perjalanan jauh? Berikut ialah beberapa tips bermanfaat untuk Anda :

Jangan mengemudi lebih dari tiga jam
Mengemudikan kendaraan baik kendaraan beroda empat maupun kendaraan roda 2 lainnya selama tiga jam terus menerus tanpa henti mengakibatkan saraf sensorik dan motorik seseorang yang menenggak minuman beralkohol dengan kandungan 40 persen. Hal itu dapat terjadi alasannya kedua saraf tersebut mengalami ketegangan alasannya orang yang bersangkutan dituntut untuk konsentrasi memperhatikan jalan dan kondisi kendaraan. Bila kedua syaraf itu harus tegang dalam waktu tiga jam secara terus menerus, mereka akan kelelahan juga. Efeknya tindakan refleks dan konsentrasi menurun.

Istirahat sejenak dan lakukan peregangan ringan
Istirahat dan peregangan ringan dapat anda lakukan untuk mengatasi mulai kehilangan konsentrasi, mengantuk maupun lelah. Bila dalam perjalanan Anda sudah mulai mencicipi gejala kelelahan dan kantuk sebaiknya menghentikan kendaraan dan beristirahat di daerah yang sempurna tentu saja. Istirahat selama 30 menit atau minimal 20 menit akan mengembalikan konsentrasi anda dan menciptakan tubuh anda menjadi lebih bugar.

Saat anda berdiri dari istirahat anda sempatkan juga untuk melaksanakan peregangan atau berolah raga ringan sekitar 5 menit dengan urutan cuilan tubuh paling atas yaitu kepala, bahu, lengan tangan, bahu, lutut, dan tungkai. Lakukan gerakan menarik ke atas, memutar, dan melipat. Hal ini akan membantu mengmbalikan pemikiran darah menjadi lebih lancar. Ketika pemikiran darah lancar anda akan kembali mendapat konsentrasi anda kembali untuk melanjutkan berkendara.

Jangan banyak mengkonsumsi masakan berat
masakan berat ialah masakan yang mengandung banyak karbohidrat tinggi menyerupai nasi atau gandum. Jika anda banyak mengonsumsi masakan jenis ini mengakibatkan anda gampang mengantuk dikala berkendara. L-Tryptophan atau asam amino esensial di karbohidrat akan diubah menjadi niacin dan vitamin B. Sementara niacin memproduksi serotonin. Serotinin inilah yang berdasarkan pakar kesehatan, akan merangsang otak untuk menjadikan rasa nyaman di tubuh kemudian memicu rasa kantuk.

Minumlah stimulan bila terpaksa
Stimulan ialah masakan dan minuman yang membantu anda tetap terjaga. Tetapi pastikan untuk diingat jangan mengonsumsi masakan dan minuman ini secara berlebihan alasannya tidak baik untuk kesehatan anda. Beberapa stimulan tersebut menyerupai minuman energi, kafein pada kopi dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer