Breaking News
Loading...
Kamis, 28 Juli 2016

16 Tips Menghemat Pemakaian Energi Listrik Dirumah Kita

06.28
Menghemat daya listrik - Tagihan listrik membengkak tentu akan menjadikan problem gres untuk kita yaitu pengeluaran kebutuhan tiap bulan akan meningkat. Belum lagi tarif dasar listrik akan terus meningkat seiring terus dikuranginya subsidi listrik. Kaprikornus pastikan untuk memakai listrik yang ada dilingkungan rumah kita dengan bijak. Penghematan dan penggunaan listrik yang benar akan menciptakan kelistrikan dirumah kita kondusif dan tentu saja kita bisa menghemat pengeluaran tagihan listrik yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan lain. Dan yang terpenting yaitu jikalau semua tersadar akan pentingnya penghematan listrik di keluarga kita maka subsidi daya listrik PLN bisa di gunakan untuk menyalurkan listrik bagi mereka mereka yang tidak mampu.

Img source: Bbc.com
Listrik memang memudahkan kita dalam banyak hal, namun pemakian listrik yang tidak sempurna bisa membahayakan menyerupai konsleting yang bisa memicu kebakaran, tersengat arus listrik dsb. Berhemat tidak harus menghentikan pemakian alat alat listrik yang membantu memudahkan aktivitas kita, namun terpenting yaitu bagaimana memakai alat alat yang memakai listrik dan bagaimana cara menghemat penggunaan listrik. Mungkin kita sudah merasa menghemat pemakaian listrik tetapi kenapa tagihan listrik masih membengkak? Nah jikalau begitu baca tips tips berikut ini perihal bagaimana cara menghemat listrik yang benar.

Tips Menghemat Listrik dirumah kita

  1. Nyalakan listrik seperlunya saja, dikala alat alat listrik tersebut tidak dipakai selebihnya dimatikan saja
  2. Hindari menyimpan makanan panas ke dalam kulkas, makanan panas akan memicu mesin pendingin kulkas bekerja ekstra dan jadinya daya yang dipakai semakin besar.
  3. Atur serta sesuaikan suhu AC berdasar luas ruangan, akan lebih baik gunakan "pendingin alami" alias angin dari jendela
  4. Rumah dengan tipe ekonomis daya listrik artinya sirkulasi udara yang baik (menghemat daya listrik pada AC), Penerangan alami (meminimalisir lampu dihidupkan siang hari) dsb.
  5. Selalu teratur cek kelistrikan beberapa tahun sekali. Kabel bocor, alat alat yang tidak berstandar, konsleting tidak akan memperbesar daya listrik tetapi juga berbahaya.
  6. Pergunakan segala peralatan seperlunya saja (jadwalkan beberapa hari sekali jangan tiap hari) menyerupai mesin cuci, setrika dll sesuai dengan kapasitas
  7. Buatlah tandon air jikalau Anda memakai mesin pompa, mesin pompa listrik mempunyai daya listrik besar jikalau tiap kali anda kehabisan air dan selalu menghidupkan pompa air ini tentu pemakaian listrik akan membengkak.
  8. Belilah setrika yang mempunyai pengatur panas otomatis
  9. Nyalakan televisi dikala Anda ingin menonton, jangan dibiasakan tv menyala dikala Anda tertidur
  10. Ketika ingin memasak nasi dengan rice cooker, gunakan air yang telah dipanaskan terlebih dahulu, cara ini sanggup mempersingkat waktu memasak sehingga pemakaian listrik sanggup dihemat
  11. Gunakan lampu penerangan dengan bijak, nyalakan pada malam hari. Ketika siang hari manfaatkan sinar matahari untuk menyinari di dalam ruangan rumah Anda
  12. Gunakan alat alat listrik SNI dan ekonomis listrik menyerupai lampu ekonomis energy, untuk komputer Anda gunakan monitor LCD atau LED lantaran lebih ekonomis listrik daripada memakai monitor tabung.
  13. Cabut kabel dari stop kontak dari alat lat listrik yang tidak dipakai tidak hanya mematikan on / off nya saja menyerupai TV, komputer, mesin basuh dsb. Listrik masih tetap mengalir ke peralatan elektronik Anda sebaiknya Anda juga mencabut kabel dari sentra sumber listrik.
  14. Hindari pemasangan steker secara bertumpuk untuk menghindari korsleting yang sanggup menjadikan kebakaran serta pemakaian daya listrik yang semakin besar alasannya yaitu kabel yang anda gunakna untuk stop kontak bertumpuk akan panas dan tidak sesuai daya yang dikeluarkan untuk menghidupkan alat alat listrik yang anda gunakan.
  15. Jika Anda masih saja kesulitan dalam mengontrol pengunaan listrik di rumah, sekarang Anda sanggup mempertimbangkan untuk beralih memakai listrik prabayar. Sama menyerupai membeli pulsa telepon, tagihan listrik akan diadaptasi dengan paket yang Anda beli dan akan habis dengan sendirinya jikalau kuota telah tercapai.
  16. Selalu segera hubungi petugas profesional atau petugas PLN bersertifikat dikala ditemukan problem pada listrik di rumah anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer