Breaking News
Loading...
Senin, 08 Agustus 2016

Tips & Cara Mengenalkan Gadget Secara Bijak Pada Anak

09.19
Mengenalkan gadget pada anak - Tidak sanggup dipungkiri lagi bahwa kemajuan tekhnologi sangat berimbas dengan kemajuan segala bidang dalam kehidupan manusia. Banyak hal akan semakin dimudahkan dalam penggunaan teknologi teknolgi terbaru yang membantu setiap aspek kehidupan manusia. Teknologi menyerupai 2 sisi mata pedang, dikala dipakai dengan bijak hal ini akan sangat memudahkan dan membantu setiap aspek kehidupan tetapi dikala tidak dipakai dengan sempurna justru hal ini sanggup menjerumuskan kita.

Sebagai teladan saja penggunaan internet. Ketika dipakai dengan sempurna akan menunjukkan wawasan dan akomodasi bagi para penggunanya dengan sumber sumber info yang berharga, tetapi dikala tidak dipakai dengan bijak sanggup menciptakan moral kita semakin memburuk mirip mudahnya mendownload atau mengunduh video cukup umur yang belum layak bagi para pengguna, game online yang menciptakan anak malas belajar, media umum yang sanggup menciptakan relasi meregang dikala tidak dipakai dengan sempurna dsb.

Image source: Internetmatters.org
Kesadaran untuk menggunakan teknologi teknologi ini secara sempurna perlu diberikan semenjak dini untuk menumbuhkan kesadaran anak sehingga mereka mengetahui batasan batasan yang terang dimana mereka sanggup menggunakan media ini dengan tepat. Gadget ialah perangkat elektronik kecil yang mempunyai fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya ialah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang menciptakan hidup insan menjadi lebih praktis.


Berbagai dampak kurang baik juga akan timbul bila menggunakan gadget dengan tidak bijak. Terutama pada anak, penggunaan gadget yang berlebihan akan sanggup mengakibatkan kecanduan yang sanggup menurunkan prestasi berguru dan berdampak pada sikap sosial. Berikut ialah beberapa tips yang membantu anda untuk mengenalkan dan menumbuhkan kesadaran anak untuk menggunakan gadget secara bijak:

Pengawasan
Ya pengawasan dan kontrol penggunaan gadget pada anak harus diperhatikan. Awasi penggunaan gadget pada anak anda. Kontrol juga dibutuhkan jangan menyimpan atau menyediakan aplikasi atau layanan orang cukup umur yang dipakai pada gadget. Ada beberapa aplikasi di internet yang membantu mengawasi, mengontrol dan merekam jejak histori pemakian gadget, ntah itu menggunakan internet blocking (memblok internet untuk kata kunci yang mengandung kekerasan, cukup umur dan hal hal umum yang dilarang), penggunaan duration control (aplikasi yang akan berhenti dikala waktu telah diset), dan aplikasi lain yang membantu pengawasan dan kontrol yang sanggup dengan gampang anda download dan banyak tersedia di internet.

Pastikan gadget juga harus dilakukan pengawasan untuk content/isi gadget yang dimainkan. Tak sedikit game di gadget yang mengajarkan kekerasan bahkan pembunuhan dengan menampilkan yang tak layak di lihat oleh anak. Atau jangan menampilkan, menyimpan atau menempatkan aplikasi yang kuat kepada psikologi anak mirip kekerasan, perjudian, konten dewasa, atau segala hal yang tidak layak dipakai anak. Dan, ini seringkali memicu sikap agresivitas pada anak, alasannya anak cenderung berperilaku meniru.

Frekuensi
Perlu bagi orang renta untuk menunjukkan aba-aba berapa frekuensi anak boleh menggunakan gadget, atau seberapa sering gadget tersebut di gunakan, apakah seminggu sekali atau dua kali, juga waktu penggunaannya dalam seminggu apakah di hari Sabtu atau Minggu. Bila janji telah dibuat, maka orang renta dibutuhkan untuk konsisten menegakkan hukum yang sudah dibuat, sehingga anak sanggup berguru ihwal disiplin dari penegakan hukum yang dilakukan.

Durasi
Selain frekuensi atau jumlah penggunaan gadget orang renta juga harus menunjukkan durasi yang bijak. Durasi pemakaian gadget yang bijak akan membantu menumbuhkan kesadaran anak untuk mengetahui batas waktu yang telah ditentukan. Apakah satu jam untuk tiap kali pemakaian, dan seterusnya. Kesepakatan durasi ini perlu dilakukan biar anak tahu batas waktu. Seringkali anak memanfaatkan final pekan dengan bermain game sepanjang hari, bahkan tak jarang hingga lupa mandi. Dengan hukum durasi ini dibutuhkan anak sanggup mengendalikan impian untuk terus bermain gadget.

Contoh dari orang tua
Tak kalah pentingnya ialah sikap orang renta itu sendiri dalam menggunakan gadget. Tak jarang orang renta juga terlalu berlebihan dalam menggunakan gadgetnya sehingga seringkali anak merasa terabaikan dengan adanya gadget. Ingat anak akan mempunyai sikap menjiplak dari apapun yang dilihatnya, dan keluarga merupakan orang orang paling kuat terhadap sikap menjiplak anak ini. Tanamkan kebiasaan kebiasaan baik dan hal ini akan kuat eksklusif terhadap sikap anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer