Breaking News
Loading...
Senin, 01 Agustus 2016

Cara Efektif Usir Kantuk Ketika Bekerja / Di Kantor

11.53
Mengatasi rasa kantuk - Rasa kantuk merupakan tanda umum yang mengindikasikan badan perlu istirahat / tidur. Tetapi bagaimana anda akan tidur sejenak kalau belum waktunya istirahat pada jam istirahat kantor atau sedang bekerja. Bukannya anda mendapat rasa nyaman untuk beristirahat justru kena murka sama si bos. Rasa kantuk sanggup disebabkan banyak faktor, tidak hanya lantaran badan lemas saja, nah berikut beberapa faktor yang menjadikan rasa kantuk dikala bekerja:

  • Tubuh kurang mendapat waktu tidur / beristirahat (idealnya seseorang membutuhkan waktu tidur 6-7 jam/ hari)
  • Tubuh lesu, letih, lemah dan tidak bersemangat
  • Kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan oleh badan untuk menghasilkan energi untuk beraktifitas
  • Faktor penyakit atau persoalan kesehatan menyerupai tanda-tanda anemia atau tanda-tanda kurang darah
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh
  • Tubuh yang terlalu capek atau masa pemulihan setelah sakit
  • Pola tidur yang tidak teratur atau sering berubah
 
 Rasa kantuk merupakan tanda umum yang mengindikasikan badan perlu istirahat  Cara Efektif Usir Kantuk Saat Bekerja / Di Kantor
Image source: Dominicavibes.com
Tentu ketika kantuk tiba dikala bekerja hal ini akan mempengaruhi kinerja anda, selain itu mengantuk dikala bekerja apalagi untuk pekerjaan - pekerjaan tertentu yang membutuhkan kefokusan menyerupai menyopir tidak hanya membahayakan keselamtan diri anda sendiri tetapi juga orang lain. nah berikut ialah beberapa tips sederhana mengusir rasa kantuk dikala di kantor / dikala sedang bekerja:

Tips Mengusir Rasa Kantuk

Jangan lupakan sarapan sebelum bekerja
Sarapan dengan sajian masakan yang bernutrisi, sehat dan seimbang akan memberi anda cukup cadangan energi untuk beraktifitas / bekerja. Jika anda melupakan sarapan maka energi yang anda butuhkan untuk beraktifitas tidak tersedia kesannya akan muncul rasa letih, lesu, lemas, malas, tidak bersemangat dan tentu saja rasa kantuk akan datang.

Mendapatkanwaktu tidur yang cukup
Sering begadang dan tidak mendapat cukup waktu untuk beristirahat akan menjadikan rasa kantuk pada keesokan harinya. Banyak penelitian menyebut kaitan antara kurangnya waktu tidur yang optimal dengan rasa malas, kurang fokus dan turunnya sistem kekebalan tubuh. Idealnya seseorang membutuhkan waktu tidur yang baik antara 6-7 jam tiap hari.

Pastikan cukup cairan dalam tubuh
Kekurangan cairan dalam badan (dehidrasi) akan menjadikan kurang fokus dan rasa ngantuk. Nah pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan badan anda dengan minum air putih dan disarankan oleh banyak pakar kesehatan 8-9 gelas air putih (1,5 L) / hari.

Konsumsi stimulan untuk usir ngantuk
Stimulan merupakan zat yang menstimulasi otak anda sehingga anda tetap terjaga atau fokus, beberapa jenis minuman stimulan ialah teh, kopi, minuman berenergi, dll. Tapi pastikan untuk meminum minuman yang mengandung caffein rendah. Disarankan oleh banyak pakar kesehatan untuk meningkatkan kefokusan dan usir kantuk boleh meminum kopi lantaran kopi mengandung stimulan yang baik kalau sesuai dosis yang sempurna setidaknya maksimal 400mg caffein atau setara dengan 2 cangkir kopi.

Mengambil jeda
Mata yang lelah sanggup menjadi penyebab timbulnya rasa kantuk. Selain membasahi wajah, mata yang lelah menatap layar komputer sanggup diatasi dengan rehat sejenak. Alihkan pandangan mata Anda untuk melihat obyek-obyek dengan jarak pandang yang jauh, lakukan pergangan dan bergerak. Atau berjalan sebentar di luar ruangan dan hirup udara segar dijamin kantuk anda segera menghilang.

Makan permen
Coba makan permen mint, permen dengan rasa asam, atau mengunyah permen karet. Anda juga sanggup mengkonsumsi kudapan yang mengandung sedikit cabe atau masakan lain yang mempunyai rasa atau aroma yang berpengaruh untuk mengusir kantuk.

Cuci muka atau mandi untuk menghilangkan kantuk
Jika beberapa cara sudah dilakukan dan anda masih saja mengantuk maka pergilah kekamar mandi basuh wajah, rambut, tangan dan kaki anda. Atau kalau sempat maka mandilah, dijamin badan akan kembali segar dan kantuk pun akan hilang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer