Breaking News
Loading...
Jumat, 05 Agustus 2016

11 Tips Berguru Efektif & Pelajaran Gampang Dipahami

06.14
Belajar efektif - Sangat lazim jikalau mencar ilmu akan lebih ulet ketika mendekati waktu - waktu ujian, setelahnya akan kembali menyerupai biasa atau bahkan menjadi malas belajar. Sebagai seorang siswa atau mahasiswa mencar ilmu merupakan suatu keharusan alasannya ialah kewajiban seorang siswa ialah belajar. Tetapi pastikan bahwa mencar ilmu bisa membawa hasil yang efektif dan berhasil guna. Itu artinya diharapkan proses proses bagaimana memahami dan mempelajari sesuatu biar apa yang dipelajari gampang dipahami, gampang dimengerti dan tidak gampang terlupa.

 Sangat lazim jikalau mencar ilmu akan lebih ulet ketika mendekati waktu  11 Tips Belajar Efektif & Pelajaran Praktis Dipahami
Image source: learners-inc.com
Dan untuk mencapai mencar ilmu yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini ialah tips-tips mencar ilmu yang baik dan benar :

Tips mencar ilmu Efektif

1. Belajar efektif merupakan rutinitas
Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan ialah masa ideal buat mengulang pelajaran. Belajar secara mendadak hanya alasannya ialah akan ujian seringkali gampang terlupa dari ingatan. Tetapi ketika kita mencar ilmu sebagai rutinitas, continue maka apa yang kita pelajari akan bertahan usang di otak kita. Lebih baik memahami satu persatu bahan namun dilakukan secara teratur daripada banyak bahan sekaligus masuk di otak kita, keteraturan mencar ilmu atau rutinitas mencar ilmu akan menghasilkan keefektifan dalam jangka panjang dan tidak gampang terlupa.

2. Belajar efektif itu memahami bukan sekedar menghapal
Kurikulum yang terus diupdate tidak hanya membutuhkan siswa hanya bisa menghapal tetapi lebih ke metode penalaran. Fungsi utama pembelajaran ialah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting ialah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua bahan yang dihapal itu. Makara sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar bahan pelajaran.

3. Hobi membaca ialah kunci mencar ilmu efektif
Orang orang sukses, orang orang berakal di dunia ini hampir kesemuanya hobi membaca. Hobi mencari tahu apa yang belum mereka tahu dengan banyak membaca buku. Anda sebagai siswa minimal bacalah bahan pelajaran yang diberikan dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan setelah bahan itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah bahan tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup usang di otak kita.

4. Intisari pelajaran
Belajar dengan menghafal bahan pelajaran yang panjang sekaligus karenanya tidak akan efektif. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berkhasiat waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.

5. Waktu mencar ilmu yang tepat
Waktu mencar ilmu yang paling efektif ialah ketika pikiran dan tubuh masih segar bugar yaitu di pagi hari setelah anda bangkit tidur. Menurut beberapa penelitian menyebut, pagi hari ialah waktu yang sempurna untuk berkonsentrasi penuh alasannya ialah otak masih dalam keadaan fresh. Sisa-sisa energi bisa dipakai untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

6. Suasana mencar ilmu yang nyaman
Kenyamanan mencar ilmu merupakan kunci mencar ilmu yang efektif. Suasana dan kawasan yang nyaman akan membantu meningkatkan mood anda untuk belajar. Belajar tidak harus selalu dikamar, anda bisa mencari kawasan yang nyaman untuk belajar. Anda juga bisa memutar lagu favorit anda dan pastikan lagu tersebut tidak terlalu berisik atau mengganggu kenyamanan anda untuk belajar.

7. Belajar kelompok
Belajar secara berkelompok mempunyai banyak laba diantaranya proses mencar ilmu tidak membosankan, bisa saling tukar wangsit atau gagasan dalam menuntaskan suatu materi, bisa saling berdiskusi dsb.

8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap simpulan serpihan pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu kode dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau bahan balasan tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Mengembangkan bahan yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang bahan dan menjawab semua soal latihan, jangan pribadi tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku rujukan lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10 Waktu jeda untuk istirahat
Bejar 20 menit setiap hari akan lebih efektif daripada mencar ilmu 5 jam sebulan sekali. Makara pastikan kualitas mencar ilmu daripada kuantitas belajar. Setiap 30-45 menit waktu mencar ilmu kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, tubuh menjadi segar dan otak pun siap mendapatkan bahan baru.

11. catat & Tidak aib bertanya
Catatlah semua bahan yang diberikan untuk dipakai sebagai pembelajaran dirumah, catat secara ringkas namun jelas. Jika ketika anda mencar ilmu menemukan kesulitan maka catatlah kesulitan tersebut kemudian tanyakan kepada bapak atau ibu guru bahan yang belum anda pahami.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer