Breaking News
Loading...
Rabu, 30 Maret 2016

Cara Menciptakan Resign / Surat Pengunduran Diri

00.30
Saat anda mempunyai keputusan untuk berhenti dari pekerjaan anda disebuah perusahaan, tentunya anda mengajukan surat pengunduran diri atau resign kepada pihak perusahaan. Surat pengajuan pengunduran diri mempunyai fungsi bagi anda untuk memberitahu pihak perusahaan bahwa anda menginginkan berhenti dari pekerjaan alasannya yaitu suatu hal dan bagi perusahaan akan memberi notice dan kesempatan bagi mereka untuk mencari dan mendapat karyawan gres sesuai posisi pekerjaan yang akan anda tinggalkan.

Bukan hanya itu saja surat pengunduran diri merupakan wujud keprofesionalan anda, bila anda ingin memasuki perusahaan tentunya anda perlu mendapat ijin masuk berupa surat lamaran pekerjaan, begitu juga ketika anda ingin meninggalkan posisi perusahaan tersebut anda juga perlu untuk "berpamitan" dengan surat pengunduran diri.

 Saat anda mempunyai keputusan untuk berhenti dari pekerjaan anda disebuah perusahaan Cara Membuat Resign / Surat Pengunduran Diri

Adapun tujuan lain dari pengajuan surat tersebut yaitu untuk memperlihatkan kesopanan kita pada perusahaan dimana daerah Anda bekerja dan untuk menjaga kekerabatan baik kita dengan perusahaan, meskipun kita sudah berhenti bekerja. Membina kekerabatan yang baik secara individu maupun instansi mutlak diperlukan. Ada beberapa alasan sehingga seseorang ingin mengundurkan diri dari daerah kerjanya. Mulai dari kejenuhan atau bosan, ketidak cocokan dengan perusahaan maupun atasan dan karyawan lain, mendapat tawaran pekerjaan lain yang lebih menarik dan sebagainya.

Ada beberapa syarat yang sebaiknya anda lakukan sebelum menyususn surat pengunduran diri atau reesign tersebut, berikut beberapa syarat dan hukum yang baik dalam menyusun surat pengunduran diri:
  1. Isi surat harus singkat, terang dan tidak berpanjang lebar (sesuaikan dan fokus kepada tujuan dan isi resign tersebut).
  2. Berikan alasan yang sempurna pengunduran diri anda dari perusahaan tersebut
  3. Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
  4. Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melaksanakan kesalahan baik disengaja maupun tidak.

Format / Susunan surat pengunduran diri atau resign

Format atau susunan surat pengunduran sanggup menyesuaikan sesuai kondisi yang diperlukan, nah berikut ini beberapa teladan surat pengunduran diri atau resign yang paling umum digunakan.

Contoh surat pengunduran diri 1

Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. Nama Perusahaan Anda

Alamat Perusahaan Anda


Dengan hormat,


Melalui surat ini, saya (nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan daerah Anda bekerja) sebagai (jabatan terakhir Anda di perusahaan), terhitung semenjak tanggal (tanggal pengunduran diri Anda).


Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di (nama perusahaan daerah Anda bekerja ). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan administrasi (nama perusahaan Anda bekerja) bila ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.


Saya berharapkan selalu (nama perusahaan daerah Anda bekerja) sanggup terus berkembang dan selalu mendapat yang terbaik.





Hormat saya,



Nama Lengkap Anda


Contoh surat pengunduran diri 2

Nama tempat, Tanggal/ Bulan /Tahun

Kepada Yth,

HRD Manager

Nama perusahaan anda

Alamat perusahaan anda

Nama kota/ provinsi perusahaan


Dengan Hormat,


Melalui surat ini, saya (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama perusahaan anda) sebagai (jabatan terakhir), terhitung semenjak tanggal (tanggal/bulan/tahun). Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (nama perusahaan). Adapun alasan pengunduran diri saya yaitu alasannya yaitu ingin menambah wawasan dan pengalaman di perusahaan lain.


Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan administrasi (nama perusahaan anda) apabila selama bekerja mempunyai kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak.


Saya berharap selalu (nama perusahaan anda) semakin maju dan berkembang sehingga sanggup lebih mensejahterakan karyawannya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.




Hormat Saya,


(nama Anda)

Contoh Surat Pengunduran Diri 3

Nama, Tanggal/ Bulan /Tahun

Kepada Yth,

Kepala Personalia (Nama perusahaan anda)

Di Tempat


Dengan Hormat,


Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukamaju menurut Surat Kesepakatan Bersama (SKB) perihal ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:


Nama               : Nama anda

Departemen      : Nama bab perusahaan anda

Jabatan             : Jabatan terakhir

No. Karyawan  :  No ID karyawan


Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari (nama perusahaan) dengan alasan kondisi kesahatan yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan sanggup memahami kondisi saya dan memperlihatkan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.


Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan bekerjsama tanpa adanya paksaan. Atas santunan dan dukungan perusahaan terhadap saya selam ini, saya ucapkan banyak terima kasih.




Hormat Saya,


Nama Anda

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer