Breaking News
Loading...
Minggu, 26 Juni 2016

Cara Menghafal (Mengingat) Lebih Gampang & Cepat

01.27
Sangat sulit untuk menghafal atau mengingat sesuatu hal dengan cepat. Kebanyakan dari kita akan mengalami kesulitan menghafal sesuatu dengan cepat, kebanyakan dari membutuhkan pengulangan 2-3 kali bahkan lebih untuk benar benar sanggup mengingat atau menghafal bahan yang diberikan dan sanggup terserap oleh otak. Untuk dibutuhkan teknik, latihan dan cara bagaimana memudahkan menghafal dan mengingat sesuatu dengan lebih cepat.

Sangat sulit untuk menghafal atau mengingat sesuatu hal dengan cepat Cara Menghafal (Mengingat) Lebih  Praktis & Cepat

Menurut Lifehacker.org perlu banyak latihan yang diharapkan untuk sanggup menghafal dan mengingat sesuatu dengan lebih cepat. Dan ada 3 kategori bagaimana cara menghafal dan mengingat sesuatu hal yaitu diantaranya :

  • Metode auditorial : Menghafal dan memahami suatu informasi melalui pendengaran.
  • Metode visual : Menghafal dan memahami suatu informasi melalui penglihatan.
  • Metode Practice : Menghafal dan memahami suatu informasi melalui pengalaman (melakukan sesuatu dengan materi).

Sebagian besar dari kita akan mengingat dan menghafal paling sedikit menggunakan dua kategori ini, dan ibarat ditulis Jon Negroni dalam web Lifehacker akan mengatakan langkah mana yang paling menguntungkan untuk gaya berguru yang paling menyenangkan sehingga Anda sanggup mulai untuk menghafal sesuatu dengan cepat dan efisien. Berikut ialah beberapa langkah yang universal untuk menguasai seni mengingat sehingga Anda sanggup mulai menghafal dalam waktu singkat.

Teknik Menghafal dan mengingat dengan cepat

Mnemonic
Mnemonic ialah teknik cara menghafal yang bersifat abstrak. Kaprikornus teknik menghafal yang satu ini dengan mengubah sebuah kata yang ajaib menjadi benda faktual yang sanggup kita bayangkan. Teknik sistem Mnemonic sanggup dikategorikan menjadi 2, yaitu :

Sistem gambaran: teknik menghafal informasi yang ajaib dengan cara menggambarkan kata ajaib tersebut kedalam sesuatu yang bersifat nyata. Beberapa misalnya adalah:
Jakarta - akan lebih gampang kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.
Yogyakarata - akan lebih gampang diingat dengan menggambarkannya sebagai Candi prambanan ataupun Malioboro
Gembira - akan lebih gampang diingat dengan menggambarkan kegembiraan sebagai tertawa.

Sistem persamaan bunyi ialah suatu teknik menghafal informasi menurut pada bentuk persamaan bunyinya. Contoh sistem persamaan suara :

Irak - akan sanggup lebih gampang di ingat kalau kita mengingatnya dengan kata rak
Singapura - akan sanggup lebih gampang di ingat dengan cara mengingat kata singa

Memory / Brain exercise
Sebenarnya otak insan itu ibarat halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot itu tersebut akan bertambah kuat. Begitupun dengan otak yang kita asah,  apabila kita rajin mengolah dan mengasah informasi pada otak kita, maka sudah niscaya otak kita pun akan terbiasa sanggup mengingat dan menghafal sesuatu informasi dengan lebih sempurna dan cepat. Beberapa latihan yang sanggup membantu memperkuat daya ingat ialah bermain game strategi, mengisi TTS, dll.

Story System
Story system ialah teknik mengingat informasi menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu  awan - burung - baju - coca cola - gunung - pistol - buaya - pohon - kawah - kelinci

Pasti anda kesulitan untuk menghafalkan kata-kata tersebut. Teknik kali ini lah yang sanggup memudahkan anda dalam menghafalkan semuanya, anda sanggup menggunakan cara menghafal story sistem ini, caranya ialah dengan menggabungkan kalimat tersebut menjadi sebuah cerita.

Lihat ini :
Burung menggunakan baju terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di akrab kawah. Dengan cara membayangkan ibarat itu, anda akan menjadi lebih gampang untuk menghafalkannya.

Relation system
Relation sistem ialah teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara terikat. Relation sistem ini sering dipakai untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan ibarat nama (sungai dan provinsinya), (nama negara dan ibu kotanya), dan aneka macam jenis kalimat berpasangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer